Blog

Ada 9 Alat Keselamatan Kerja Serta Jenisnya

Ada 9 Alat Keselamatan Kerja Serta Jenisnya

Alat Keselamatan Kerja – Alat pelindung diri merupakan perlengkapan yang sangat wajib digunakan untuk melindungi pekerja dari berbagai bahaya yang bisa menyebabkan cedera atau penyakit yang serius terkait pekerjaannya. Alat pelindung diri juga telah didesain khusus sesuai dengan jenis pekerjaannya, misalnya APD untuk pekerja dengan konstruksi tidak akan sama dengan APD dan untuk pekerja di laboratorium.

alat keselamatan kerja

Semua perlengkapan APD juga harus memenuhi standar dan juga persyaratan yang berlaku, seperti bersih, pas, dan akan nyaman dikenakan oleh pekerja, serta akan harus diganti secara berkala jika sudah tidak berfungsi dengan sangat baik dan sudah habis pada masa pakainya.

Jenis-Jenis Alat Pelindung Diri

Kewajiban untuk mengenakan APD ini sudah disepakati oleh pemerintah melalui Departemen Tenaga Kerja dan juga Transmigrasi Republik Indonesia. Bentuk dari alat tersebut juga tergantung pada fungsinya, yakni:

  1. Alat pelindung kepala

Alat pelindung kepala juga berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau cedera kepala karena kejatuhan benda keras. Alat ini juga bisa untuk melindungi kepala dari radiasi panas, api, dan percikan bahan kimia, ataupun suhu yang ekstrem.

  1. Alat pelindung mata dan muka

Alat pelindung ini berfungsi untuk melindungi mata dan juga muka dari paparan bahan kimia yang berbahaya, misalnya amonium nitrat, gas dan juga partikel yang melayang di udara atau air, karena percikan benda kecil, panas, atau uap.

  1. Alat pelindung telinga

Menggunakan Penutup telinga ini terdiri dari sumbat telinga (ear plug) atau di sebut penutup telinga (ear muff) yang akan berfungsi untuk melindungi telinga dari keributan (polusi suara) atau tekanan untuk udara.

  1. Alat pelindung saluran pernapasan

Alat Keselamatan Kerja – Fungsi untuk alat ini adalah untuk melindungi beberapa organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara yang bersih atau menyaring beberapa paparan zat atau benda yang berbahaya, seperti mikroorganisme (virus, bakteri, dan jamur

  1. Alat pelindung tangan

Pelindung tangan atau sarung tangan dapat berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, karena suhu panas atau dingin, akan menjadikan radiasi, arus listrik, bahan kimia, hingga benturan atau pukulan, tergores oleh benda tajam, atau infeksi.

  1. Alat pelindung kaki

Alat ini dapat berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan atau dapat tertimpa benda yang  berat, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau dingin dan bahan kimia yang berbahaya, serta terpeleset karena permukaan yang sangat licin

  1. Pakaian pelindung

Pakaian pelindung dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu yang panas atau dingin yang juga ekstrim, paparan api dan juga benda panas, percikan bahan kimia, uap panas, benturan, radiasi, gigitan atau terkena sengatan binatang, serta infeksi virus, jamur, dan bakteri.

  1. Sabuk dan tali keselamatan

Dengan Beberapa pekerjaan mengharuskan pekerjanya untuk bekerja pada posisi yang memang cukup berbahaya, seperti saat di ketinggian atau dalam ruangan yang sempit yang ada di bawah tanah.

  1. Pelampung

Alat Keselamatan Kerja  – Pelampung yang digunakan oleh pekerja yang dapat bekerja di atas air atau di beberapa permukaan air supaya bisa mengambang dan tidak tenggelam.

untuk info tentang Alat Keselamatan Kerja  klik di sini