Blog

8 Alasan Mengapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

8 Alasan Mengapa AC Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya – Apa yang harus dilakukan jika AC di rumah Anda tidak dingin? Meski sering mendapat pengobatan. Sebelum menelepon karyawannya yuk cari tahu dulu kenapa AC tidak jadi dingin disini. Air conditioner (AC) merupakan komponen elektronik rumah tangga yang penting untuk pendingin ruangan.

Apalagi rumahnya berada di negara tropis seperti Indonesia. Dalam penggunaannya sering terjadi banyak kendala yang menyebabkan peralatan AC tidak dapat beroperasi secara maksimal. Bahkan tidak jarang AC-nya tidak dingin, habis begitu saja. Dalam hal ini kerusakan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa faktor penyebab AC menjadi dingin yang perlu Anda ketahui.

Beberapa Penyebab Ac Tidak Dingin & Cara Mengatasinya

penyebab ac tidak dingin
penyebab ac tidak dingin

Kondisioner freon sudah habis atau kurang

Pertama, alasan AC-nya kurang dingin, hanya keluar dari angin, bisa juga karena kandungan freonnya kurang atau sudah menipis. Freon yang tidak mencukupi atau habis dihasilkan dari kebocoran di pipa sirkulasi. Freon conditioner mengandung chlorine, hydrogen dan broming yang dapat membuat conditioner menjadi dingin. Namun jika freon berada di bawah tekanan standar maka disarankan untuk membuat tube dan evaporator AC sehingga menghasilkan balok es. Jika anda bingung , maka anda bisa panggil jasa service ac di dekat kotamu.

Cara agar AC kembali dingin: Bersihkan filter

AC-nya sudah tidak dingin lagi, hal ini mungkin karena filternya tidak dibersihkan secara rutin sehingga kotor. Padahal filter AC berguna untuk menyaring kotoran yang ada di udara AC. Cara mengatasi AC agar kembali dingin bisa dengan membersihkan filter internal sendiri minimal seminggu sekali. Buka bagian atas rumah filter bagian dalam, lalu ambil filter udara. Lalu cuci bersih dengan sabun pembersih. Jika ya, keringkan dan pasang kembali. Untuk jasa perawatan, minimal 3 bulan sekali untuk AC rumah dan dua bulan sekali untuk AC kantor. Sebelum membersihkan, pastikan untuk menutupi sekitar AC, seperti kasur, dengan koran agar tidak kotor.

Ampere kompresor melebihi batas normal

Setengah pk AC tidak dapat didinginkan karena kapasitor rusak. Namun jika kapasitor baik-baik saja, itu berarti ampere kompresor berada di atas batas normal. Anda dapat memeriksa ampere dengan penjepit (tang ampere) meteran. Caranya, silahkan pasang kabel (-) dan kabel (+) ampul rahang pada sambungan kabel luar. Jangan lupa taruh clamp switch di posisi A, jika angkanya melebihi batas A artinya kompresor sudah lemah. Saatnya mengganti conditioner baru.

Kondensor AC kotor

Alasan AC sudah tidak dingin lagi bisa jadi karena kondensor rusak atau kotor. Kondensor terletak di luar AC dan berguna untuk memanaskan refrigerant (Freon) pada suhu tertentu. Anda perlu membersihkan kondensor secara teratur agar AC kembali dingin. Caranya, gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran lalu, lembut dengan air. Anda juga bisa memanggil jasa service ac di dekat kota anda untuk mengajarinya.

Jika Anda tidak menggunakan AC dalam waktu lama, tutupi kondensor dengan kain agar tidak menyebabkan AC tidak menjadi dingin. ingat! Jangan taruh kondensat di tempat yang banyak tanaman hias dan ranting pohonnya oke.

Ukuran kamar tidak sesuai dengan kapasitas AC

Ruang kamar bisa menjadi alasan AC baru Anda tidak sejuk. Sebaiknya sebelum membeli AC Anda mengambil ukuran ruangan terlebih dahulu. Jika ruangan terlalu besar dan kapasitas AC kecil tidak akan membuat ruangan menjadi dingin. Kami merekomendasikan jika Anda ingin memasang AC ruangan berukuran 3m x 3m dengan AC 1/2 pixel, ruangan 1pc 3m x 6m, ruangan 6m x 6m dengan AC 2 PK.

Alasan AC-nya tidak dingin: kondisi kamar

Setelah itu, separuh Pk AC tidak dingin atau sebaliknya karena kondisi ruangan tertentu. Jika ruangan sering terkena sinar matahari langsung atau terbuat dari campuran semen dan pasir, maka ruangan bisa jadi lebih panas. Oleh karena itu, ini mempengaruhi kinerja dan dapat menjadi alasan mengapa AC tidak dingin di siang hari.

Pintu dan jendela sering terbuka

Saat mengoperasikan AC, Anda tidak boleh membuka pintu dan jendela. Mengapa? Pintu dan jendela yang sedikit terbuka bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga tidak terasa sedingin biasanya. Untungnya AC-nya tidak dingin hanya angin yang keluar tinggal tutup pintu dan jendela saja. Kalau mau keluar kamar segera tutup pintunya lagi ya.

Pengaturan remote control AC

Karena AC kurang dingin dan bau bisa berasal dari remote control itu sendiri. Untuk mengatasinya pastikan mode yang digunakan bertanda bintang atau sejuk agar AC sudah sejuk. Jangan masuk mode kering, karena ini hanya dimaksudkan untuk mengoperasikan motor KIPAS dan unit luar-ruang tidak akan menerima arus listrik.

Kami berharap tips di atas membantu Anda. by alifiaserviceac.com