Blog

10 Tren SEO yang Mendominasi di 2019

Karena Google berubah sepanjang tahun, demikian juga SEO (optimasi mesin pencari). Webmaster yang ingin mempertahankan peringkat dan traffic mereka (dan berpotensi mendapatkan lebih banyak lagi) selalu mencari cara baru untuk mengalahkan pesaing mereka, sehingga menetapkan tren SEO baru.  Berikut tren SEO ditahun 2019

  1. Dominasi pencarian suara

Semakin besar internet seluler tumbuh, semakin jauh kita dihapus dari pengetikan ortodoks lama. Belajar  komputer untuk memahami pembicaraan kita Рitulah yang akan terjadi di masa depan. Dan jalan menuju masa depan yang cerah ini terletak melalui SEO pencarian suara.

Dikatakan bahwa pada tahun 2020, setengah dari semua traffic online akan didapatkan dari pertanyaan yang diucapkan. Saya hanya bisa membayangkan teknologi futuristik macam apa yang pada akhirnya akan datang untuk menggantikan pencarian suara.

  1. Pengoptimalan video

Pencarian suara bukan satu-satunya tren SEO yang mengambil alih Internet; video juga. Mereka adalah media informasi yang semakin populer, dapat membuat traffic yang tinggi jika digunakan secara cerdik

Meskipun video Anda harus luar biasa untuk mendapatkan peringkat di YouTube, mereka tidak akan dapat tanpa dioptimalkan untuk kata kunci yang dipilih dengan cermat.

Prediksi tahun 2020 yang berbeda mengatakan bahwa video akan menjadi magnet bagi 75% dari semua traffic Internet.

search engine optimization
  1. Pengindeksan mobile-first

2018 adalah tahun ketika Google akhirnya meluncurkan indeks mobile-first mereka. Bagaimana cara kerjanya? Sederhananya, situs web sekarang diperingkat berdasarkan kualitas UX yang mereka sediakan di perangkat seluler. Jika situs memiliki versi seluler dan desktop, indeks akan menambahkan versi seluler; jika hanya ada versi desktop, itu akan diindeks sama seperti biasa.

Apa yang dikatakan di sini kepada kita? Anda harus menguasai SEO seluler! Anda harus memiliki versi situs yang ramah seluler, atau Google akan mengindeks sesuatu yang tidak dapat Anda tunjukkan kepada pengguna seluler. Dan banyak traffic akan melewati Anda.

  1. Pengembangan konten yang berkualitas

Konten adalah raja, dan konten berkualitas tinggi membuka jalan ke peringkat Google yang tinggi; ini adalah pengetahuan umum. Tapi apa sebenarnya artinya? Konten seperti apa yang dianggap sebagai “berkualitas tinggi”?

Ini sebenarnya cukup mudah setelah Anda mengingat untuk siapa konten itu ditujukan: pengguna. Ketika mereka melakukan pencarian Google, mereka berharap menemukan sesuatu yang akan memenuhi kebutuhan mereka 100%. Ketika Anda memasukkan maksud pencarian pengguna ke akun, Anda dapat menyiapkan konten yang memenuhi kebutuhan audiens. Internet akan didominasi oleh orang-orang yang terbaik dalam memasuki pola pikir audiens mereka.

  1. Perlindungan data pengguna

Keamanan online adalah masalah besar – dan untungnya, ada aturan yang menganggap ini serius. UE memberlakukan Peraturan Perlindungan Data Umum yang memberikan hak kepada pengguna untuk lebih mengontrol informasi pribadi mereka yang digunakan oleh situs. Meskipun tentu saja bekerja untuk membuat data pengguna lebih aman, masih ada banyak kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh pihak ketiga yang berbahaya.

Di 2019 kita diberi lebih banyak inisiatif perlindungan data, serta lebih banyak cara untuk membuat pengalaman online kita lebih aman.

  1. Pengalaman pengguna yang sempurna

Pengalaman pengguna di situs web dapat membuat atau menghancurkan banyak hal. Oleh karena itu, pemilik bisnis yang lebih suka untuk terus menghasilkan keuntungan dengan situs mereka akan melakukan yang terbaik untuk menjamin UX yang halus seperti sutra. Itu berarti desain intuitif, mudah dipahami, waktu buka halaman yang rendah, dan sama sekali tidak ada masalah teknis.

Situs web memberikan kesan bisnis yang lebih baik daripada iklan mana pun.

  1. Blockchain untuk SEO

Teknologi Blockchain telah digunakan dalam membuat Internet lebih aman, itulah sebabnya akhir-akhir ini semakin populer. Webmaster sedang mencari cara untuk mengintegrasikannya ke dalam situs mereka dan berpotensi mengambil untung darinya. Diharapkan bahwa blockchain juga dapat digunakan dalam SEO untuk hal-hal seperti memvalidasi backlink.

  1. Influencer marketing

Itu selalu bagus untuk memiliki seseorang yang penting menjamin Anda. Terutama dalam bisnis, di mana ada begitu banyak kompetisi dan Anda ingin orang tahu setidaknya bahwa Anda di sini untuk mereka. Trik apa yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan? Ada terlalu banyak untuk dicantumkan, tetapi salah satu yang paling populer adalah melibatkan influencer dalam kampanye pemasaran Anda.

  1. Konten yang panjang dan mendalam

Setiap orang dapat setuju bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda, semakin baik. Konten lama jelas membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikonsumsi, yang membuatnya tampak seperti solusi ideal. Pada kenyataannya, ukuran tidak masalah. Atau lebih tepatnya, Anda tidak bisa berharap pengguna puas dengan ukuran saja.

Namun peringkat situs web di halaman pertama Google cenderung memiliki lebih dari 2000 kata. Jika rahasia mereka bukan panjang konten mereka, yang secara logis meninggalkan kedalaman dan kualitasnya. Konten yang tidak hanya panjang, tetapi juga menarik membuat statusnya sebagai pemenang halaman satu peringkat bahkan pada tahun 2019.

  1. Kecerdasan buatan

Teknologi AI memiliki potensi besar. Tidak heran bisnis secara aktif mencari cara untuk menggunakannya dalam pekerjaan mereka. Hal yang sama berlaku untuk Google, dan jika (atau lebih tepatnya kapan) mereka mencari cara untuk membuatnya bekerja, itu pasti akan mempengaruhi SEO.

Sebagai contoh bagaimana kecerdasan buatan dapat diintegrasikan ke dalam algoritma peringkat Google, ini dapat digunakan untuk lebih efektif mengendus situs web yang mempraktikkan Black Hat SEO.