Blog

10 Cara Merayakan Hari Bumi Bersama si Kecil

1 . Berjalan ke sekolah. Bila memungkinkan mengapa tidak mengajak si kecil berjalan ke sekolah? Berjalan tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, namun juga bisa menghemat bahan bakar kendaraan dan menurunkan jumlah polutan di lingkungan. Agar si kecil tak merasa lelah, ciptakan permainan menyenangkan sambil berjalan, seperti menebak nama hewan yang terlihat di jalanan, menebak nama bunga, menghitung mobil berwarna merah yang lewat, dan lainnya.

2 . Menanam bunga/pohon. Kesukaan anak untuk bermain kotor-kotoran, dapat disalurkan dengan menanam benih dalam pot. Beri tanggal pada pot, kapan benih ditanam. Minta anak mengamati serta menyiram benih tersebut. Saat hari demi hari tanaman itu bertumbuh, si kecil pun akan selalu ingat bahwa ia telah berbuat sesuatu bagi bumi.

3 . Membuat poster. Buatlah poster “Selamat Hari Bumi “ lengkap dengan gambar bola dunia yang indah. Minta buah hati untuk mewarnai. Gantungkan di pintu luar rumah. Poster ini juga bisa menjadi pengingat para tetangga kalau Hari Bumi patut diingat dan dirayakan.

4 . Hiasan dari sampah daur ulang. Kira-kira sampah apa yang bisa dikreasikan sebagai hiasan? Botol mineral bekas dapat dibuat lampion, kertas yang satu sisinya masih polos dapat dihias menjadi kartu ucapan, kalengkaleng bekas dapat dijadikan wadah lilin. Yang diperlukan tinggal keinginan kita untuk menjadi kreatif dan menyelamatkan bumi.

Tips Merayakan Hari Bumi yang Baik

5 . Kunjungi kebun binatang. Anak-anak perlu melihat dan merasakan langsung lingkungan alam. Ia pun dapat melihat hewan yang hampir punah dan mendapat gambaran mengapa kelestarian hewan tersebut perlu dijaga.

6 . Jepret foto sebanyak-banyaknya. Bekali anak-anak dengan kamera saku atau smartphone saat berkunjung ke taman safari. Minta mereka memotret sebanyakbanyaknya tanaman atau binatang di sana. Kumpulkan semua foto dalam bentuk slideshow. Nikmati bersama-sama di projektor atau televisi. Setiap kali foto terpampang, minta ia menjelaskan sedikit, alasannya mengambil foto tersebut. Jangan lupa tambahkan satu alasan bahwa foto-foto indah hasil jepretan mereka dapat digunakan sebagai kampanye untuk melestarikan bumi.

7 . Hemat energi. Buat permainan bahwa jika ada yang lupa mematikan lampu akan berutang 1.000 rupiah ke celengan Hari Bumi. Ini adalah salah satu cara yang baik untuk mengajari anak menghemat energi .

8 . Membuat janji Buatlah sederet komitmen di atas kertas bekas yang salah satu sisinya kosong, bahwa Mama, Papa,dan anak-anak akan berbuat sesuatu untuk menjaga lingkungan tetap lestari. Mematikan lampu saat tidak diperlukan, berjalan kaki ke sekolah, tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan kantong plastik, dan lain-lain.

9 . Menyumbangkan barang tak terpakai. Pilah baju, sepatu, peralatan dapur, perabot rumah yang sudah tidak terpakai dan sumbangkan ke lembaga-lembaga sosial yang bisa menerima untuk digunakan kembali. Dari sini anak-anak pun akan belajar tentang prinsip daur ulang.

10 . Puisi indah. Bagi anak yang memiliki jiwa seni, minta ia untuk membuat puisi atau lagu-lagu tentang Hari Bumi. Pasti indah dan menyentuh!

Hal lain yang perlu dipersiapkan Ibu untuk anak adalah ketika mereka akan menghadapi tes ujian masuk universitas. Berikan mereka bekal di lembaga pelatihan tes ujian masuk universitas luar negeri terpecaya agar dapat lolos dengan lancar.